Kegunaan Genset Dan Kisaran Harga Genset 20 Kva

Pernah mendengar kata Genset? Nah jika belum mendengar, genset atau lebih jelasnya generator set merupakan suatu mesin atau perangkat yang terdiri dari pembangkit listrik dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu. Mesin pembangkit kerja pada genset biasanya berupa motor yang melakukan pembakaran internal atau mesin diesel yan bekerja dengan bahan bakar solar atau bensin. Nah, bisa dikatakan bahwa genset adalah alat penghasil listrik dimana prinsip kerja genset ini yaitu mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Pada dasarnya terdapat 2 komponen utama pada generator listrik yaitu sator atau bagian yang diam dan rotor bagian yang bergerak. Rotor nantinya akan berhubungan dengan poros generator listrik yang berputar pada pusat stator. Nah, kemudian poros generator listrik tersebut biasanya diputar dengan menggunakan usaha yang berasal dari luar seperti halnya beradal dari turbin air atau turbin uap.

Jenis Genset Listrik
Berdasarkan jenis arus listrik yang dihasilkan, genset listrik dibedakan menjadi dua macam yaitu generator listrik alternator (AC) dan generator listrik dinamo (DC).

  1. Generator Listrik Alternator (AC)
    Pada genset listrik AC, kutub magnet yang berlawanan saling dihadapkan sehingga diantara kedua kutub magnet tersebut akan menghasilkan medan magnet. Dalam medan magnet tersebut terdapat kumparan yang mudah berputar pada porosnya. Dikarenakan kumparan selalu berputar, maka jumlah gaya magnet masuk kedalam kumparan juga selalu berubah-ubah. Nah, sifat dari arus listrik yang dihasilkan oleh generator listrik AC ini berjenis bolak-balik dengan bentuk seperti gelombang.
  2. Generator Listrik DC
    Nah, sedangkan cara kerja generator listrik DC sebenarnya hampir sama dengan cara kerja generator listrik AC. Namun yang membedakannya yaitu pada listrik DC menggunakan sebuah cincin belas atau yang biasa disebut dengan komutator dibagian outputnya. Komutator ini memungkinkan arus listrik induksi yang dialirkan ke rangkaian listrik berupa arus listrik DC walaupun kumparan yang berada di dalam menghasilkan arus listrik AC.

Lalu, Berapa Harga Genset?
Pada dasarnya harga genset memang berbeda-beda tergantung merek dan kapasitas listrik yang akan dikeluarkan. Nah, pada ulasan kali ini kita akan membahas tentang harga genset 20 kva. Genset ini pada umumnya memang banyak digunakan untuk usaha kecil tetapi digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Berikut harga jual genset rumah tangga.

Spesifikasi Genset 20 Kva:
Generator : Stamford PI144D
KVA : 20
KW : 16
No. Of Cylinder : 4
Bore x Stroke : 84 x 100 mm
Piston Disp. : 2.216 Ltr
Fuel Consumption : 4.00 (75% Load) & 5.30 (100% Load)
Oil Capacity : 10,6 Liter

Nah, untuk harga genset 20 kva sendiri memang berbeda-beda setiap mereknya, namun kisaran harga untuk merek yang sudah terkenal sekitar Rp. 80.000.000 sampai dengan Rp. 180.000.000 juta rupiah. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*