Sehubungan dengan sertifikat laik operasi genset, pengusaha meminta waktu untuk mengurus IO dan SLO

Operator ekonomi di Kaltara, khususnya Bulungan dan Tarakan, setuju untuk mengajukan Izin Operasi (IO) dan SLO untuk penggunaan generator dan sertifikat laik operasi genset

Pernyataan tersebut diedarkan oleh Wakil Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Kaltara Chandra Sugiarto, pada 2 Oktober, oleh Direktorat Polisi Kriminal Khusus, menyelidiki kepemilikan perusahaan hotel IO dan SLO di Tarakan.
Namun, ia mewakili seorang pengusaha genset yang harus memasang IO dan SLO dan meminta waktu. Alasannya, dia mengakui, bahwa pengusaha tidak tahu tentang skema. Meskipun ada beberapa yang hanya memiliki IO atau hanya SLO.
“Siapa pengusaha yang ingin melanggar aturan ketika mereka diberitahu? Intinya, kami siap untuk mengikuti aturan, dan (izin untuk menggunakan generator) adalah hukum,” katanya media ini terpukul setelah dia bertemu dengan kepala kantor ESDM Kaltara pada hari Selasa (10/10).
Dia juga mengatakan bahwa polisi yang melakukan penyelidikan tidak memberikan penjelasan rinci, karena kedatangannya juga sangat singkat. “Di setiap tempat yang mereka kunjungi, mereka tidak tiba dalam 10 menit,” katanya.


Chandra mengatakan kantornya telah berkonsultasi dengan walikota Tarakan, Sofyan Raga, untuk menemukan solusi setelah dikunjungi oleh petugas polisi dari wilayah Kalimantan Timur. Namun, Walikota Tarakan mengusulkan untuk mengurus izin tersebut.
“Yah, kami diminta untuk mengurus sisa waktu karena petugas kepolisian dari wilayah Kalimantan Timur mengatakan ia akan membuat panggilan, tetapi kami perlu waktu,” katanya.
Sementara itu, kepala departemen ESDM Kaltara Ferdy Manurun Tandulangi telah menyatakan bahwa setiap hotel atau lokasi bisnis yang menggunakan generator memang harus memiliki IO dan SLO sesuai dengan UU No. 30/2009 tentang Listrik.
Namun, jika polisi ingin menyelidiki Undang-Undang Ketenagalistrikan, mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan otoritas pemerintah terkait.
“Kami tidak tahu apa-apa tentang turunnya pejabat Kepolisian Daerah Kalimantan Timur,” kata Ferdy.
Selain itu, jika Anda mencari investigasi atau tindakan, Anda harus melibatkan polisi, Satpol PP, dan lembaga terkait lainnya untuk memastikan bahwa para pebisnis tidak terganggu, karena tampaknya merupakan tindak pidana.
Mengenai implementasi upaya penegakan hukum, Ferdy mengatakan bahwa menurut UU 30/2009, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan pengingat lisan. Jika peringatan verbal diabaikan, lanjutkan dengan peringatan tertulis. “Dua peringatan tidak berhasil, yang terakhir adalah pencabutan izin – bukan dengan menekan secara langsung, seolah-olah itu adalah kejahatan,” katanya.
Dia juga mengatakan, dalam penegakan aturan juga harus bijak. Selain itu, kondisi listrik di Kaltara belum terpenuhi secara optimal dan masih sering dibiarkan. Oleh karena itu, keberadaan generator di lokasi bisnis memainkan peran penting dalam kelangsungan bisnis. Selain itu, penggunaan generator ini tidak untuk dijual.

Dia menambahkan bahwa sosialisasi listrik juga sudah dilakukan oleh partainya sekitar empat bulan lalu. Namun, kemungkinan sosialisasi tidak ditangkap secara optimal oleh agen ekonomi.
“Mungkin karena mereka sibuk, mereka akhirnya lupa atau gagal mengatasinya, dan kami di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral siap menyederhanakan administrasi perizinan ini agar iklim bisnis di Kaltara berjalan lancar,” katanya .
Mardian Noor, Direktur Divisi Listrik ESDM Kaltara, mengatakan bahwa semua generator untuk kepentingan publik harus memiliki output lebih dari 200 kilovolt (kVA) di atas IO dan SLO. Untuk mengurus izin, Anda dapat mengisi formulir langsung di Kantor ESDM Kaltara untuk diproses lebih lanjut.
Selain itu, untuk SLO, uji kompetensi yang dilakukan oleh lembaga independen harus dilakukan untuk mendapatkan sertifikasi. Namun, proses pengujian tidak bisa dilakukan dengan cepat karena butuh waktu. “Itu tidak mudah. ??Butuh proses panjang. Setelah sertifikasi dari otoritas independen, itu akan diproses oleh kami dan diserahkan kepada gubernur untuk ditandatangani,” katanya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*