Urus Izin Operasi dan SLO Genset

Saat ini teknologi listrik sudah menjadi kebutuhan utama yang harus ada disetiap daerah. Tanpa listrik, aktivitas akan terganggu dan terhambat. Apalagi berbagai peralatan elektronik saat ini seperti televisi, lemari es, seterika, ponsel, dan masih banyak lagi membutuhkan sumber daya berupa listrik. Untuk daerah terpencil pun lagi gencar-gencarnya meminta bantuan dana pemerintah untuk mengaliri listrik. Ketika mengggunakan listrik, ada kalanya aliran listriknya akan terputus sementara karena gangguan. Jika hal itu terjadi tanpa pemberitahuan, tentu akan sangat mengganggu aktivitas, apalagi yang bergantung pada listrik. Maka dari itu, setiap badan usaha atau perusahaan pasti memiliki generator set atau genset. Genset merupakan seperangkat alat yang menghasilkan energi listrik berbahan bakar solar. Alat ini sangat membantu sekali untuk mengatasi listrik yang mati alias alternatif supply listrik. Namun, mulai tahun 2009 lalu, ada peraturan tentang izin operasi genset lho.

Jadi, pada peraturan pemerintah yang terangkum dalam UU Nomor 30 Tahun 2009 tentang ketenagalistrikan tersebut mengatur bahwa setiap penggunaan genset mulai dari daya 200 KVA harus memiliki surat layak operasi (SLO) dan izin operasi (IO). Memang tidak semua pemilik genset mewajibkan untuk mengurus izin operasi genset, khusus untuk genset di atas 200 KVA saja. Namun, meski demikian, untuk ukuran genset dibawah itu tetap harus melapor kepemilikannya. Genset di atas 200 KVA pada umumnya dimiliki oleh perusahaan besar seperti hotel.


Masalahnya, saat diadakan pemeriksaan oleh badan pemerintah terkait mengenai izin operasi genset, ternyata tidak semua perusahaan besar tersebut memiliki SLO genset dan IO. Setelah dimintai keterangan, mereka mengungkapkan bukan karena tidak ingiin mengurus SLO genset dan IO. Tapi, mereka tidak memiliki sertifikat tersebut karena ketidaktahuan tentang adanya izin semacam itu. Jadi, alangkah baiknya jika ada peraturan-peraturan yang masih belum umum diketahui masyarakat luas, disosialisasikan dengan baik. Toh, setiap perusahaan besar pasti akan punya i;tikad baik untuk mengurus semua syarat perizinan. Apalagi sanksi bagi yang tidak mematuhi peraturan tersebut berupa pidana penjara 5 tahun dan denda 500 juta rupiah.

Terima kasih yang dengan sudi membaca perlunya SLO Genset dalam sebuah perusahaan, apabila dari teman-teman pembaca perlu bantuan dalam pembuatan perizinan SLO Genset, alangkah baiknya segerakan temui sanak saudara terdekat anda. Karena, perizinan ini sangat-sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan makro ataupun mikro, sebab seperti kita ketahui sebuah perusahaan perlu tenaga listrik yang terus menerus memadai. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu dalam sebuah pekerjaan dan perusahaan anda. Jangan sampai lupa ya teman teman semua untuk tetap pantengin artikel yang akan kita terbitkan kembali, sekali lagi semoga dapat menikmati artikel dari kami.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*